Cara Memasang Genset Cadangan di Rumah dengan Aman

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Memasang genset cadangan saat ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena PLN sebagai penyedia listrik utama terkadang mengalami kendala dan harus melakukan maintenance.

Maka jika ada gangguan maupun pemadaman secara dadakan membuat penggunaan listrik menjadi terkendala. Jika listrik tidak tersedia membuat pekerjaan sudah pasti tertunda sehingga menyebabkan berbagai kerugian bahkan ketika di rumah.

Solusi terbaik untuk mengatasi kendala seperti ini adalah dengan menggunakan daya listrik cadangan seperti genset. Genset banyak digunakan tidak hanya untuk kebutuhan industri maupun perusahaan besar namun juga rumah tangga.

Jika Anda ingin memasangkan genset untuk di rumah sebaiknya mengetahui bagaimana caranya dengan benar. Sebaiknya Anda simak penjelasan di bawah ini termasuk bagaimana cara paling aman demi meminimalkan resiko.

Cara Sederhana Pemasangan Genset untuk Listrik di Rumah

Anda dapat memasang genset cadangan dengan memanfaatkan rangkaian otomatis Relay Omron. Tujuannya untuk memindahkan sumber aliran listrik dari mesin genset ke PLN kembali secara otomatis saat listrik hidup kembali.

Meskipun terlihat sederhana, faktanya cara ini sangat menguntungkan karena tidak perlu mematikan genset saat listrik dari PLN nyala. Meskipun genset dalam keadaan hidup tidak akan terjadi kendala pada sambungan listrik.

Untuk bisa membuat sistem menjadi otomatis diperlukan bahan seperti:

  1. Sekring otomatis
  2. Box sekring
  3. Terminal kabel
  4. Relay Omron
  5. Papan kayu
  6. Kabel NGA
  7. Soket relay

Sistem perkabelan akan menjadi lebih mudah jika Anda memberikan nama di masing-masing terminal. Ada 2 buah relay (R2) membantu switch S1 (R1) agar memutuskan hubungan aki saat genset menyala lagi.

Anda harus memastikan kalau semua rangkaian yang sudah dipasangkan benar-benar sesuai dengan panduan atau belum. Lakukan pemeriksaan demi meminimalkan kendala saat listrik dalam keadaan mati beneran.

Cara memeriksanya adalah dengan mematikan sumber listrik dari PLN melalui MBC kemudian hidupkan genset. Coba perhatikan apakah listrik menyala sesuai dengan sumber aliran listriknya yang sudah dirancang.

Kemudian cobalah hidupkan kembali saklar melalui MCB PLN untuk memastikan listrik kembali nyala. Serta melihat apakah listrik kembali berpindah ke aliran listrik dari PLN meskipun genset masih menyala.

Jika Anda memang tidak merasa yakin untuk memasang genset cadangan sendiri di rumah sebaiknya meminta bantuan. Menggunakan jasa orang yang sudah ahli jauh lebih baik daripada beresiko karena dipasang sendiri.

Cara Aman Menggunakan Genset Cadangan Ketika Listrik di Rumah Mati

Memiliki banyak keuntungan setelah memasang genset cadangan namun harus diperhatikan cara amannya. Jangan sampai Anda mengabaikan cara aman berikut ini karena dapat memberikan dampak merugikan jika tidak diikuti.

  1. Jangan memasang generator portable di stop kontak langsung

Memasangkan generator pada stop kontak secara langsung dapat memudahkan matinya jaringan listrik. Hal ini dapat melukai tenaga yang melakukan instalasi, jadi gabungkan saja pada kabel luar yang menuju outlet tempat generator.

  1. Jangan menghubungkan generator langsung pada kabel rumah

Jika generator terhubung langsung dengan rumah ternyata dapat mengakibatkan umpan balik saluran listrik. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan utilitas listrik maupun generator sehingga lebih aman siapkan kontraktor listrik sendiri.

  1. Jangan membebani mesin genset terlalu berlebihan

Sangat disarankan agar penggunaan lebih aman yaitu dengan tidak membebani terlalu berlebihan. Misalnya mengoperasikan berbagai peralatan rumah tangga sekaligus sehingga melebihi daya output yang seharusnya.

Meskipun genset memiliki daya listrik cukup besar sebaiknya gunakan peralatan seperlunya saja. Misalnya tidak menghidupkan AC terlebih dahulu, sementara lemari es dicabut dulu atau masih banyak cara lainnya.

  1. Jangan menyimpan genset tercampur dengan ruang bahan bakar

Demi menjaga keamanan sehingga bisa merasakan memasang genset cadangan secara maksimal. Maka jangan pernah menyimpan genset satu ruangan dengan bahan bakar maupun sumber api apapun demi menghindari resiko kebakaran.

  1. Baca semua aturan dan petunjuk dengan benar

Cara terakhir adalah dengan membaca segala tata cara dan aturan pada saat pemasangan genset di rumah. Perhatikan semua instruksi dan harus diikuti sesuai aturan demi memberikan keselamatan serta menghindari bahaya.

Keuntungan Memiliki dan Menggunakan Genset Cadangan di Rumah

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memiliki dan memasang genset cadangan untuk rumah sendiri. Meskipun pekerjaan rumah terlihat sederhana namun saat ini tanpa bantuan listrik semua sangat merepotkan.

Misalnya tidak bisa memasak nasi menggunakan listrik, cuci baju memakai mesin juga terkendala dan lainnya. Dengan bantuan genset meskipun tidak bisa menggantikan listrik secara keseluruhan namun kegiatan penting bisa dilakukan.

Anda tetap bisa melakukan aktivitas rumah tangga yang memang diprioritaskan terlebih dahulu. Lampu juga tetap bisa nyala apalagi di malam hari sehingga suasana mati lampu tidak lagi menjadi menakutkan.

Keuntungan yang paling penting juga yaitu membuat rumah tetap aman meskipun dalam keadaan listrik mati. Jika PLN sedang ada maintenance maka biasanya satu wilayah terkena dampaknya menjadi sangat rawan pencurian.

Pemasangan genset pada rumah untuk cadangan saat listrik dari PLN mengalami gangguan tidaklah sulit. Namun tetap harus memperhatikan cara aman agar memasang genset cadangan tidak menimbulkan resiko berbahaya.