Cara Aman Menggunakan Generator Diesel dengan Benar

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Cara aman menggunakan generator diesel harus dipelajari sejak sekarang sebelum Anda membelinya. Walaupun terlihat aman namun ada resiko besar sedang mengintai seperti, menimbulkan kerusakan sampai hal terburuknya adalah kebakaran.

Pasti tidak mau kondisi tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, pahami Standard Operating Procedure seperti apa. Dalam pembelian sebenarnya, sudah disertakan dalam buku petunjuknya lengkap dari awal sampai akhir.

Tetapi, bila malas membaca karena, terlalu banyak tulisan dan terkadang membingungkan. Bisa langsung saja bertanya kepada petugas. Mereka akan menerangkannya sampai Anda sendiri paham. Dengan begini, mengurangi risiko kematian.

Harus diakui, genset seperti ini memang bisa menyebabkan kematian bagi pemiliknya. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam penerapan Standard Operating Procedure.

Cara Aman Menggunakan Generator Diesel

Saat, Anda bertanya kepada teknisi dari genset satu poin penting yang akan disarankan adalah penempatannya dulu dimana. Usahakan tempatnya jauh dari hunian utama, dan mempunyai sirkulasi yang baik.

Baik itu besar atau kecil, tetap harus diperhatikan ruangannya. Perlu diketahui, alat tersebut mengeluarkan gas bernama karbon monoksida. Dalam ilmu kesehatan gas tersebut akan bercampur dengan udara.

Membuat ruangan tercemar, dan sangat berbahaya bila terhirup oleh manusia. Efeknya mual sampai menyebabkan kematian. Hanya saja, perlu dipastikan tempatnya juga harus dibersihkan serta bebas dari air.

Perlu jadi poin penting, perawatan dari Genset juga mempengaruhi kualitasnya. Secara otomatis mempengaruhi juga tingkat keamanannya. Tidak cukup penempatannya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaannya aman.

  1. Cara Aman Menggunakan Generator Diesel dengan Melihat Bahan Bakar

Sebelum menyalakan alat ini, ada baiknya Anda melihat dulu seberapa bahan bakarnya. Bila dirasa kurang, bisa diisi terlebih dulu.

Biasanya, sumber energi adalah Diesel/Solar, sebelum mengisinya pastikan keadaannya mati total. Setelah itu, periksa juga pada bagian pelumas atau oli. Pastikan terisi dan dalam kondisi baik karena fungsinya cukup urgent.

Sistem pelumasan yang baik mampu mencegah keausan pada mesin. Proses aus ini terjadi ketika adanya gesekan antar permukaan logam. Jika, dibiarkan akan memunculkan kerusakan dan efeknya ke peralatan elektronik.

  1. Cara Aman Menggunakan Generator Diesel dengan Pemanasan

Langkah berikutnya adalah melakukan pemanasan terlebih dulu. Pada proses ini ada beberapa hal harus diperhatikan seperti, melihat posisi kabel. Usahakan terhindar dari air jangan sampai tenggelam bahayanya sangat besar.

Selanjutnya, cobalah periksa pada saklar MCB pastikan pada posisi mati.

Aliran menjadi tidak teratur, kalau sudah begini ada dua hal yang dapat dilihat. Genset atau perabotan Anda rusak. Perlu diperhatikan juga saat hendak dipakai harap lakukan pemanasan terlebih dulu.

Setidaknya selama 10 menit, cara aman menggunakan generator diesel seperti ini akan menjaga perputaran kinerja pada mesin menjadi bagus dan sempurna. Selanjutnya, baru tambahkan beban, mulai dari berat terlebih dulu.

Menuju ke daya beban ringan. Hanya saja, tetap perlahan, misal kulkas dulu dihidupkan, setelah 1 menit AC, dan seterusnya baru lampu. Kondisi tersebut berlaku untuk seluruh jenis generator.

Kondisi tersebut menjadi bentuk perawatan terbaik terhadap mesin. Dengan begini, kemungkinan rusak dan membahayakan sangat kecil. Perhatikan juga masalah pemutus jaringan listrik.

Usahakan dapat dijangkau dengan mudah, perlu diketahui terkadang alat ini tidak stabil. Hal tersebut berpotensi mengalami hubungan arus pendek. Inilah mengapa aliran pemutusnya harus dekat serta mudah dijangkau.

Bila arus pendek terjadi, Anda cukup mematikan arusnya saja. Maka, risiko terjadinya kebakaran karena, ledakan dari salah satu perabotan dapat dihindari. Proses terakhir adalah bagaimana mematikannya alat ini.

  1. Cara Aman Menggunakan Generator Diesel Saat Mematikan

Setelah selesai digunakan jangan langsung dimatikan dan dibiarkan begitu saja. Saklar dari genset wajib mati, coba cek di beberapa bagian terutama pembeban harus di posisi off.

 Lalu, biarkan saja selama 5 menit mesin masih berputar kondisi ini. Dengan begini, Generator diesel akan mati dengan sempurna. Anda dapat menghidupkan listrik PLN.

Bila diperhatikan, langkah di atas memang sederhana. Hanya saja, kalau tidak dikerjakan secara teliti hasilnya akan buruk. Oleh karena itu, pastikan Anda paham benar dalam mengoperasikan dari awal sampai akhir.

Lebih baik pelan asalkan semua selamat. Jika, lupa bisa melihat bagaimana buku petunjuknya. Semua sudah dituliskan jelas. Atau langsung hubungi teknisinya saja. Harap lebih peka terhadap suaranya, pengaruhnya cukup dalam.Bila merasa terlalu berisik lebih baik segera mendatangkan teknik untuk mencari tahu masalahnya. Cara aman menggunakan generator diesel harus dipelajari oleh seluruh anggota keluarga bukan hanya satu orang saja.

PT Interjaya Surya Megah menjadi agen tunggal Genset MWM dan distributor Genset MAN Germany dan Genset Lombardini Italy, kami telah dipercaya sebagai distributor genset di Indonesia. Dapatkan genset terbaik anda dengan harga terjangkau dan jangan ragu untuk menghubungi kami.