Bagaimana Menguji Bagian Generator Diesel yang Mirip Poros?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing dengan generator diesel, tetapi tidak banyak yang tahu tentang cara menguji bagian generator diesel. Padahal kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, terlebih untuk memastikan bahwa generatornya berfungsi maksimal. 

Generator sendiri merupakan sebuah peralatan yang memanfaatkan energi kinetik untuk menghasilkan energi listrik. Biasanya digerakkan oleh mesin diesel untuk berbagai kepentingan. Contohnya pada peralatan berat atau sumber cadangan listrik darurat. 

Sektor seperti penerbangan, kesehatan (rumah sakit), kantor pemerintahan, biasanya menggunakan generator. Sehingga ketika terjadi pemadaman mendadak, perlengkapan vitalnya tetap bisa bekerja. Contohnya bandara masih bisa mengawal navigasi pesawat. 

Cara Menguji Bagian Generator Diesel Sebelum Digunakan

Generator atau genset baik itu baru saja di manufaktur atau sudah cukup lama disimpan, sebelum digunakan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Tujuannya memastikan mesinnya mampu bekerja optimal dan tidak bermasalah ketika sedang dioperasikan. 

  1. Memeriksa dan Memastikan Kapasitas Komponen dalam Keadaan Baik

Beberapa bagian yang harus diperiksa adalah tangki bahan bakar, volume oli, serta air radiatornya. Pastikan keseluruhannya berada dalam kondisi penuh atau sesuai dengan standar kapasitas gensetnya. Biasanya tertera pada buku petunjuknya. 

Apabila terdapat komponen yang kurang, segera tambahkan terlebih dahulu. Setelah itu cobalah menjalankan gensetnya. Minimal sampai suhu operasi normalnya dapat dicapai, selain itu kondisinya juga harus stasioner. 

  1. Menguji dan Memastikan Kondisi Mesin

Langkah berikutnya adalah menguji kondisi mesinnya, caranya adalah dengan menyalakan mesin lalu melakukan pengamatan. Biasanya cukup menggunakan pendengaran untuk mengidentifikasi apakah ada kendala dalam mesinnya. 

Biasanya cukup mudah untuk mendeteksi apabila ada suara – suara mengganjal. Suara tersebut menunjukkan adanya komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Catatlah lalu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

  1. Menguji Penambahan Beban

Langkah menguji bagian generator diesel berikutnya adalah mencoba menambah beban dayanya secara bertahap. Untuk mempermudah penggunaannya, Anda bisa memasang MCB terlebih dahulu agar pembagian bebannya lebih mudah. Ketika menaikkan bebannya pastikan mencapai kondisi stabil dulu. 

  1. Memeriksa Output Genset

Pengujian berikutnya adalah pemeriksaan mengenai output gensetnya. Caranya adalah dengan memasangkan amperemeter dan voltmeter. Catatlah setiap hasil output yang tertera amperemeter dan voltmeter, pastikan sesuai dengan buku manualnya. 

  1. Menguji Kondisi Beban Stabil

Uji terakhir adalah memastikan kondisi beban gensetnya berada pada posisi stabil dalam jangka waktu tertentu. Amati segala perubahan serta kondisinya, apabila ada yang tidak normal, segera matikanlah gensetnya sesuai prosedur. 

Beberapa Permasalahan Pada Bagian Generator Diesel dan Cara Mengatasinya

Setelah menguji bagian generator diesel secara prosedural, sangat minim muncul kendala ketika digunakan. Namun meskipun jarang terjadi, masih ada saja beberapa kendala – kendala yang dihadapi. 

  1. Genset Tiba – Tiba Mati

Kendala ini biasanya terjadi karena adanya campuran air pada bahan bakarnya atau adanya penyumbatan pada ventilasi. Untuk mengatasinya, bisa membuang air serta membersihkan ventilasinya. Biasanya disebabkan oleh ventilasi penyimpanan kurang baik. 

  1. Genset Tidak Mau di Starter

Ada dua penyebab permasalahan ini, pertama karena akinya sudah mulai melemah atau kedua adalah kerusakan pada bagian motor starternya. Cobalah mengisi akinya atau mengganti motornya, biasanya sudah teratasi. 

  1. Kondisi Daya Mesin Perlahan Menghilang

Keausan pada plunger pompa cenderung menyebabkan melemahnya daya mesin. Penanganannya cukup sederhana, yaitu menggantinya dengan yang baru. Atau bisa juga memeriksa bagian nozzlenya. Apabila terlalu kotor, ada baiknya untuk segera menggantinya. 

  1. Arus Berlebihan

Generatornya sendiri sebenarnya sudah dibekali perlengkapan pengatur arus, sehingga meminimalisir adanya arus berlebihan. Namun apabila masih sering ditemui, cobalah memasang perlengkapan keamanan tambahan. 

  1. Bebannya Tidak Seimbang

Penggunaan genset secara berlebihan atau tidak sesuai dengan porsinya akan menyebabkan terjadinya kebocoran. Apabila terjadi hal demikian, segeralah mematikannya serta memperbaiki kondisinya. Hal ini juga untuk mencegah kerusakan lebih jauh. 

Interval Memeriksa dan Menguji Bagian Generator Diesel 

Meskipun harus melakukan uji agar memastikan mesinnya dalam kondisi prima, namun ternyata intervalnya juga harus diperhatikan. Pemeriksaan terlalu sering akan menyebabkan membengkaknya biaya operasional. 

Namun apabila pemeriksaannya dilakukan terlalu lama, terkadang mesin menjadi over kapasitas sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan. Terkadang malah terlalu terlambat, sehingga terdapat komponen lainnya yang ikut terdampak. 

Untuk pemeriksaannya sendiri bergantung pada jenis komponennya, ada yang memang harus disetel setiap beberapa jam tertentu. Ada juga yang bisa menunggu waktu agak lama, baru setelah itu mulai dilakukan pemeriksaan ulang serta mengidentifikasi apakah ada masalah. 

Pemeriksaan serta penyetelan seperti pompa lubrikasi, minimal harus diperiksa serta disetel ulang setiap 6 jam sekali. Tujuannya adalah untuk memastikan mesinnya terlumasi serta mencegah terjadinya pengendapan dari olinya. 

Komponen lainnya biasanya memerlukan waktu penggunaan ideal 250 jam atau rutin sekitar 4 sampai dengan 6 bulan. Atau ketika sudah menemukan beberapa tanda – tanda adanya problem, bisa langsung melakukan pemeriksaan dan pengujian ulang. Listrik sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari – hari. Genset bisa menjadi salah satu solusi sebagai sumber cadangan listrik darurat. Karenanya perlu memeriksa dan menguji bagian generator diesel secara rutin agar fungsinya tetap optimal.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk kebutuhan Genset Anda, silahkan hubungi kami. PT Interjaya Surya Megah menyediakan Genset yang handal dan berkualitas menggunakan engine ternama seperti MWM, MAN, dan Lombardini, yang telah terbukti kuat dan tahan lama.