Bagaimana Cara Memasang Generator Cadangan di Rumah Hunian?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Untuk memenuhi kebutuhan daya listrik atau daya alternatif Anda perlu mengetahui cara memasang generator cadangan untuk dapat menggunakannya secara maksimal. Generator listrik atau genset merupakan sebuah mesin yang mengubah bahan bakar menjadi arus listrik. Sederhananya genset ini berfungsi untuk memberikan arus listrik selain dari PLN.

Keperluan penggunaan dapat menyesuaikan kebutuhan Anda sendiri baik itu untuk rumah hunian atau tempat usaha. Namun jika Anda membutuhkannya sebagai daya cadangan rumah Anda sendiri, genset portabel mungkin lebih cocok digunakan karena lebih mudah untuk dibawa dan tidak terlalu memakan banyak tempat ketika ingin meletakannya di dalam rumah.

Cara memasang generator cadangan bisa Anda praktikkan sendiri dengan mempersiapkan komponen utamanya terlebih dahulu sebagai pemindah jalur listrik yang dinamakan cam stater. Fungsi dari cam stater sendiri adalah untuk memindahkan jalur listrik rumah ke genset dan sebaliknya. Memindahkan jalur listriknya dapat dilakukan dengan tuas yang ada pada cam stater tersebut.

Cara Memasang Jalur Penghubung Cam Stater

Pertama tentu saja Anda perlu menyiapkan kabel penghubung antara genset dan cam stater. Untuk kabel dari listrik PLN Anda bisa mengambilnya dari penghubung antara listrik rumah dan listrik PLN. Setelah semua sudah dipersiapkan, Anda perlu mengecek terlebih dahulu kondisi cam stater baik itu dari komponen di dalam dan kualitas alat itu sendiri.

Untuk genset portabel seperti yang dibutuhkan rumah Anda, cam stater kecil dirasa cukup dengan tiga penghubung di dalamnya. Cara memasang generator cadangan bisa dimulai dari tahap mencari lokasi tempat cam stater itu diletakkan. Usahakan berada di kabel listrik PLN, rumah dan genset Anda. Perlu dicatat Anda juga harus meletakkan posisi genset dengan benar yaitu di tempat kering dan datar.

Setelah menemukan lokasi yang cocok, tempelkan atau pasang cam stater pada lokasi tersebut. Ketika Anda ingin pasang kabel ke dalam penghubung cam stater, perhatikan dengan betul posisi kabel agar sebaris dengan ketiga penghubung tersebut. Biasanya cam stater memiliki tiga ruas penghubung, baris atas untuk listrik PLN, tengah netral dan bawah genset.

Saat semua kabel sudah terhubung ke dalam bagian cam stater, Anda dapat mengalihkan listrik dari PLN ke genset. Cara memasang generator cadangan ini sangat berbahaya sehingga Anda harus benar dalam melakukannya. Samakan baris kabel positif dengan positif dan negatif bersama negatif. Jangan sampai terbalik karena nanti dapat menimbulkan korsleting atau hubungan arus pendek.

Cara Menentukan Genset untuk Kebutuhan Rumah Hunian

Untuk pemula, cara di atas mungkin dapat digunakan setelah Anda memiliki genset jenis portabel yang secara umum memang dapat digunakan untuk pengalihan daya listrik rumah. Namun tahukan Anda terdapat dua jenis dan dua tipe genset portabel yang bisa menjadi pilihan Anda. Pertama adalah jenis open mode dan silent mode yang dapat di pecah menjadi dua tipe yaitu otomatis serta manual.

Kita bahas dahulu mengenai open mode dan sllent mode yang menjadi topik banyak orang ketika memilih jenis genset berdasarkan kegunaan. Open mode merupakan tipe genset yang komponen generatornya berada di luar dan terbuka dengan hanya dilengkapi kerangka saja. Cara memasang generator cadangan bisa digunakan pada jenis ini sesuai selera Anda.

Namun untuk jenis yang lebih nyaman untuk digunakan maka sebaiknya Anda gunakan jenis silent mode. Jenis ini meletakkan komponen utamanya di wadah tertutup sehingga mampu meredam suara mesin. Cocok digunakan untuk genset rumah hunian yang butuh diletakkan di dalam rumah. Tidak seperti open mode yang menimbulkan kebisingan karena mesin tidak memiliki peredam suara.

Alasan lebih disarankan silent mode adalah karena lebih mudah dipindahkan, hemat bahan bakar dan tidak membebani pengguna. Cara memasang generator cadangan juga dijamin menjadi mudah untuk dilakukan karena tidak memakan banyak tempat dan tidak berisik saat digunakan. Selanjutnya ada dua tipe yang dapat dijadikan referensi pilihan genset favorit Anda.

Melihat Perbedaan Penghidupan Otomatis dan Manual

Untuk membuat peralihan arus listrik menjadi lebih cepat, Anda bisa menggunakan tipe otomatis. Keunggulannya adalah dapat menghidupkan mesin genset secara otomatis ketika listrik padam secara mendadak. Namun penggunaan tipe otomatis dinilai lebih memakan banyak biaya dan perawatan sehingga jarang digunakan untuk perumahan biasa.

Sedangkan untuk manual dirasa lebih menghemat dan perawatannya mudah untuk dilakukan. Selain itu cam starter juga akan dapat digunakan jika menggunakan tipe ini. Cara memasang generator cadangan memang dapat dibagi menjadi dua jenis. Namun untuk kebutuhan rumah, tipe manual dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Tipe otomatis tidak memerlukan cam starter untuk dapat mengalihkan jalur penghubung listrik rumah dengan daya tambahan dari genset. Karena jalurnya sudah dihubungkan dengan komponen meter kwh dan genset sehingga ketika listrik PLN mati secara otomatis daya genset akan melanjutkan arus listrik. Penggunaan genset sebagai daya cadangan setidaknya juga dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Kebutuhan cadangan listrik rumah hunian memang penting agar tidak mengganggu kegiatan keluarga. Tapi pasti akan lebih baik lagi jika Anda sendiri mengerti cara pengalihan dan kondisi yang dibutuhkan untuk memproses persiapan hingga perawatannya. Cara memasang generator cadangan tersebut diharapkan dapat Anda jadikan informasi dasar untuk lebih menghidupkan rumah hunian Anda.