Apa yang Anda Ketahui Tentang Generator RV di Diesel?

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda atau untuk mengetahui harga genset kami.

Merencanakan bepergian jarak jauh, pastinya tidak boleh melewatkan untuk membawa generator RV selama perjalanan. Kebutuhan seperti listrik, mengaliri air hangat, dan berbagai kebutuhan elektronik bisa dipenuhi dengan adanya genset portabel ini. 

Salah satu hal yang membuat sebuah liburan atau perjalanan terasa mahal adalah karena biaya kebutuhan non transportasinya yang cukup besar. Misalkan kebutuhan untuk memesan tempat tinggal sementara, membeli makan, dan kebutuhan lainnya. 

Apabila semua kebutuhan tersebut bisa didapatkan, tentunya biaya perjalanan akan bisa sangat murah. Biaya perjalanannya bisa disimpan untuk membeli berbagai kebutuhan akomodasi selama perjalanan, sehingga perjalanannya bisa menjadi lebih seru. 

Generator RV untuk Menemani Perjalanan

RV atau singkatan dari recreational vehicle adalah sebuah kendaraan yang dilengkapi berbagai peralatan untuk menunjang kebutuhan pengendaranya selama bepergian. Terdapat beberapa peralatan elektronik, seperti shower, kompor, AC, dan lainnya. 

Berbagai peralatan tersebut tentunya tidak dapat menyala dengan sendirinya. Mereka memerlukan sumber tenaga listrik agar bisa berfungsi. Tentunya sangat tidak memungkinkan apabila memasang instalasi listrik pada sebuah mobil. 

Tetapi permasalahan tersebut bisa dipecahkan karena saat ini ada banyak sekali generator set portable. Mulai dari yang memang sudah built in dengan kendaraannya atau yang harus menyediakan sendiri generator setnya secara mandiri. 

Bergantung pada kebutuhan dayanya atau lamanya rencana bepergian, besarnya generator RV juga harus diperhatikan. Apabila terlalu kecil, sangat dikhawatirkan tidak akan mampu memenuhi kebutuhan daya listriknya, seperti menyalakan AC atau TV. 

Apabila terlalu besar juga akan membebani kendaraannya, selain karena berat juga karena memakan ruang lebih banyak. Kedua hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang, sehingga seluruh rencana bepergiannya bisa terealisasi dengan baik. 

RV sendiri mungkin belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena ketika bepergian masyarakat masih cenderung menggunakan kendaraan umum. Namun hal ini sudah sangat umum ditemui di luar negeri. 

Namun melihat perkembangan serta ketertarikan masyarakat terhadap traveling di Indonesia juga lumayan tinggi, tidak ada salahnya mempersiapkan sejak dini. Merancang rencana liburan sambil memilih generatornya adalah salah satu persiapan penting. 

Bahan Bakar Generator RV dan Keunggulan – Kelemahannya

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa genset biasanya dioperasikan menggunakan diesel. Namun belum banyak diketahui bahwa bahan bakarnya bisa beragam, bisa menggunakan bensin (gasoline) dan propane. 

  1. Bahan Bakar Gasoline

Genset dengan gasoline sebagai bahan bakarnya sudah tidak asing lagi, mengingat sudah banyak yang menggunakannya. Keunggulan dari penggunaan gasoline adalah harganya relatif murah dibandingkan diesel maupun propane. Juga lebih mudah didapatkan. 

Kelemahannya adalah gas emisi yang dikeluarkannya, bahan bakar fosil satu ini cenderung menghasilkan karbon lebih banyak. Selain itu gasoline juga mudah terbakar, overheating atau adanya percikan sedikit bisa memicu terjadinya ledakan. 

  1. Bahan Bakar Diesel

Apabila memerlukan daya cukup besar, pemilihan bahan bakarnya juga harus diperhatikan. Berdasarkan pengujian, menunjukkan bahwa diesel memberikan output tenaga paling besar. Sehingga bisa menyalakan berbagai perangkat bersamaan. 

Namun kelemahannya adalah kenyamanan penggunanya, terkadang diesel memberikan efek bau yang kurang sedap. Selain itu generatornya cenderung sedikit lebih berisik, sehingga terkadang mengganggu waktu santai pengendaranya. 

  1. Bahan Bakar Propane

Dibandingkan kedua jenis lainnya, propane dikenal lebih ramah lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan emisi karbon yang lebih sedikit dibandingkan gasoline atau diesel. Selain itu juga terkenal karena daya tahannya, sehingga cocok untuk jangka panjang. 

Namun kelemahannya adalah sulitnya mencari propane untuk mengisinya kembali apabila genset RV sudah mulai menipis. Dan mengenai power outputnya, tidak sebesar gasoline atau diesel, diketahui propane menghasilkan 10% lebih rendah powernya. 

Pertimbangan Apabila Ingin Memiliki Generator RV

Persiapan adalah langkah keberhasilan, begitu juga dengan rencana liburan atau bepergiannya. Merencanakan secara matang dengan memilih generator yang tepat juga harus menjadi perhatian. Apabila tertarik menggunakan RV, beginilah tips untuk memilihnya. 

  1. Menentukan Jenis Bahan Bakarnya

Bahan bakar menjadi pertimbangan pertama dalam memilih sebuah generator. Apabila memerlukan daya tinggi, sebaiknya menggunakan diesel, namun untuk pertimbangan kemudahan mencarinya bisa menggunakan gasoline. 

Pertimbangkan juga kekurangannya, seperti emisi karbon yang dihasilkan atau berbagai hal yang berpengaruh pada kenyamanan selama bepergian. Jangan sampai memilih yang tidak sesuai, karena perjalanan akan terasa sangat tidak nyaman.

  1. Memilih Ukuran Generatornya

Generator portabel kini hadir dengan berbagai jenis ukuran, biasanya tidak mesti linier semakin besar generatornya, semakin besar dayanya. Karenanya amati terlebih dahulu spesifikasinya lalu hitung dengan kebutuhan Anda. 

Ukuran tersebut nantinya juga berpengaruh pada besarnya alokasi ruang penyimpanannya. Tentunya tidak ingin generatornya memakan ruang cukup besar, sehingga pengendara merasa sempit atau kurang leluasa bergerak. 

  1. Pertimbangkan Tingkat Kebisingannya

Generator mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, tentunya ada komponen yang bergerak. Pergerakan tersebut terkadang menimbulkan tingkat kebisingan berbeda, tergantung pada manufakturnya. Listrik memang sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan manusia, tidak terlepas ketika sedang bepergian. Menggunakan RV menjadi salah satu alternatif karena mampu memangkas biaya perjalanan. Karenanya harus mempersiapkannya dengan generator RV yang sesuai.

Sebagai distributor Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menyediakan Genset yang handal dan berkualitas menggunakan engine ternama seperti MWM, MAN, dan Lombardini, yang telah terbukti kuat dan tahan lama. Silahkan hubungi kami untuk melakukan pemesanan.