5 Faktor Memilih Genset Untuk Rumah Agar Awet

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Faktor dalam memilih genset untuk rumah harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Jadi, genset tersebut bisa digunakan dengan lebih nyaman dan awet. Sebisa mungkin, Anda harus memilih genset dengan kualitas yang bagus. Genset sendiri memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern seperti sekarang.

Jika Anda hanya mengandalkan daya listrik dari PLN, maka bisa saja terjadi pemadaman selama beberapa saat. Menggunakan genset bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk membuat listrik di dalam rumah selalu tersedia apapun kondisinya. Jadi, membeli genset merupakan langkah tepat yang bisa Anda lakukan.

5 Faktor Dalam  Memilih Genset Untuk Rumah

Apakah Anda sedang berencana untuk membeli genset? Genset menjadi sebuah mesin penting untuk dimiliki setiap keluarga. Hal ini bisa menyuplai listrik ketika listrik dari PLN kebetulan padam. Lalu, apa saja tips untuk membeli genset untuk kebutuhan rumah?

  1. Berapa kebutuhan listrik di rumah Anda?

    Dengan menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa memilih genset dengan baik. Kebutuhan listrik di rumah perlu dipahami. Hal ini mengingat kapasitas generator yang dibutuhkan oleh masing-masing rumah tentu berbeda. Jika tidak diperhatikan, bisa saja terjadi korsleting listrik.

    Buatlah list daya tentang alat-alat elektronik yang ada di rumah Anda. Contohnya saja televise, lampu, pompa air, kulkas, AC, dan lain-lain. Setelah di list, Anda bisa menentukan jenis genset yang bisa digunakan.
  2. Mengetahui jenis genset yang akan dibutuhkan

    Jika Anda sedang mencari faktor dalam memilih genset untuk rumah, maka pahami jenis genset apa yang dibutuhkan. Genset hampir sama dengan produk elektronik lainnya. Jenis dan macamnya sangat beragam. Anda bisa mengenalinya satu per satu. Ada dua tipe genset yang biasanya digunakan dalam rumah tangga.

    Pertama, genset yang dipasang secara permanen. Kedua, genset yang bisa digunakan secara portable. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda. Anda bisa menentukan berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya.
  3. Kenali merk yang bagus

    Sama halnya dengan membeli peralatan elektronik lainnya, Anda harus memastikan memilih merk yang bagus. Memilih merk yang bagus merupakan salah satu hal yang mutlak. Pastikan pula, Anda memilih merk sesuai dengan budget. Jangan memaksakan diri. Carilah referensi dari internet untuk  melakukan perbandingan.

    Disclaimer: Kami sebagai distributor genset INTERGEN, menjual genset merek Intergen dengan mesin berkualitas tinggi seperti MWM, MAN, Perkins, dan lain-lainya. Merek-merek ini sudah terbukti kualitasnya.
  4. Sesuaikan kapasitas daya genset sesuai dengan kapasitas listrik di rumah

    Hal ini tentu bisa dilakukan setelah Anda menjalankan tips nomor 1. Kapasitas genset yang biasanya dijual di pasaran adalah 500 watt, 1000 watt, hingga 1200 watt.

Jika faktor dalam memilih genset untuk rumah di atas sudah Anda lakukan dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan genset sesuai dengan keinginan. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat genset?

Cara Merawat Genset Dengan Baik dan Benar

Agar genset di rumah Anda bisa bertahan lama, maka rawatlah dengan baik dan benar. Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka genset akan menjadi lebih awet. Selain itu, merawat genset juga akan menghindarkan terjadinya bahaya yang tidak diinginkan. Bagaimanapun juga, benda ini merupakan benda elektronik yang rawan bahaya.

Lakukan langkah-langkah berikut dalam merawat genset Anda di rumah.

  1. Lakukan pengecekan umum

    Pengecekan umum meliputi aktivitas-aktivitas yang umum dilakukan pada perawatan barang elektronik. Hal ini mulai dari membersihkan komponen bagian luar yang terkena korosi, mengeringkan bagian genset yang terkena air, maupun memeriksa tutup tangki bahan bakar.

    Jadi, bukan hanya teliti dalam menentukan faktor dalam memilih genset untuk rumah saja. Namun, pengecekan umum ini sangat penting dilakukan. Hal ini bisa dilakukan oleh pemilik genset atau pun meminta bantuan orang lain yang lebih kompeten.
  2. Pengecekan serta perbaikan standar

    Ketika melakukan pengecekan dan kebetulan Anda menemukan masalah, maka Anda bisa melakukan perbaikan standar. Meskipun tidak mati listrik, namun genset perlu dinyalakan dalam waktu 3 hingga 6 bulan sekali. Jika sama sekali tidak digunakan, ini akan membuat mesin genset menjadi rusak.
  3. Perbaikan system kerja genset

    Inilah tahap yang cukup sulit di mana para pemilik genset biasanya membutuhkan bantuan dari para ahli. Jika terjadi kerusakan pada komponen yang Anda tidak paham, biarkan ahli yang menyelesaikannya. Jangan diperbaiki sendiri karena bisa saja komponen akan menjadi lebih rusak. Parahnya, genset bisa saja meledak.

Jadi, lakukan hal-hal di atas untuk membuat genset di rumah Anda menjadi lebih awet. Periksalah secara berkala meskipun genset tersebut tidak akan digunakan. Lakukan tips dan pertimbangkan faktor dalam memilih genset untuk rumah di atas untuk mendapatkan genset yang benar-benar berkualitas.