5 Cara Merawat Genset Agar Tahan Lama

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai genset ini diberikan hanya sebagai bantuan. Pemasangan dan pembenaran genset memerlukan tenaga ahli genset untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar pengawasan tenaga ahli bisa berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi di luar jasa kami. Hubungi kami sebagai distributor genset untuk kebutuhan genset anda.

Genset atau generator set adalah alat yang bisa dipakai untuk menghasilkan cadangan listrik. Dengan bantuan genset, aktivitas dan kebutuhan manusia tetap bisa berjalan dengan lancar meski terjadi pemadaman listrik dari PLN sekalipun.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, produksi genset kini makin variatif. Mulai dari yang berukuran besar hingga portable. Mana yang terbaik? Semua kembali pada kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan genset yang bisa dibawa kemana-mana, Anda bisa memilih genset portable dengan ukuran yang kecil. Genset portable ini biasanya digunakan untuk menyalakan listrik di lapangan atau perkemahan.

Memiliki genset memang sangat membantu aktivitas Anda, terlebih jika pada kondisi yang mendesak. Namun, memiliki genset bukan hanya berhenti saat Anda telah membelinya. Perlu ada perawatan khusus agar genset tahan lama. Seperti apa cara benar merawat genset agar optimal? Simak tulisan berikut!

1. Pastikan Anda telah meletakkan Genset di tempat yang tepat

Meletakkan genset adalah hal yang perlu diperhatikan secara khusus.  Pastikan genset terletak di tempat yang jauh dari air serta cahaya matahari. Anda juga harus menyiapkan tempat yang kuat dan rata agar mesin tetap terjaga.

2. Pengoperasian genset harus di lokasi yang memiliki sirkulasi udara baik

Genset juga harus diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Hal ini karena gas yang dikeluarkan oleh genset bisa merusak sistem pernapasan Anda. Terlebih jika terhirup terlalu lama. Meletakkan genset di tempat dengan sirkulasi udara yang baik juga menghindarkan dari mesin cepat panas.

3. Segera ganti spare part yang tidak bekerja dengan baik

Jika Anda mendapati hal yang aneh saat genset beroperasi, segera matikan. Hal aneh tersebut bisa berupa suara yang terlalu kencang atau getaran yang terlalu kuat. Lakukan pengecekan ulang pada genset tersebut. Anda bisa menghubungi teknisi jika memang perlu tindakan khusus.

4. Lakukan pembersihan secara berkala

Membersihkan genset secara tertib bukan hanya mampu menjaga tampilannya agar tetap bagus. Tetapi juga menjaga kinerjanya supaya terus maksimal. Anda bisa membersihkan kotoran berupa debu, minyak maupun air yang menempel. Khususnya pada bagian radiator genset.

5. Panaskan genset secara berkala

Terakhir, biasakan untuk memanaskan genset secara teratur. Pemanasan ini bisa Anda lakukan kurang lebih 2 kali dalam satu minggu. Dengan demikian, mesin tetap terjaga kualitasnya.

Itulah lima cara untuk merawat genset agar tahan lama. Jangan sampai genset rusak karena tak terawat hingga memaksa Anda untuk merogoh kocek yang gak sedikit.

Tidak kalah penting adalah memilih genset dengan kualitas handal, kami menjual genset dengan mesin berkualitas tinggi. Segera hubungi kami untuk kebutuhan genset anda.